Menjadi seorang wirausaha adalah hal yang mudah-mudah gampang. Apabila Anda memang berjiwa bisnis, maka bisa jadi Anda mudah untuk memulai suatu usaha. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki jiwa bisnis karena ingin kaya secara singkat, maka itu bukanlah suatu masalah besar. Anda dapat mengadopsi kualitas profil wirausaha yang baik dan benar menurut buku “Kewirausahaan” karya PO Abas Sunarya d.k.k seperti berikut. Tentu kualitas ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin mendapat penghasilan secara cepat.

  1. Seorang yang berprestasi tinggi

Wirausaha dituntut memiliki prestasi yang tinggi, maka ia perlu bekerja sama dengan para profesional dan bermitra dengan para ahli, terutama di dalam memecahkan masalah-masalah berat. Dalam setiap langkah ia harus memikirkan pandangan jangka panjang atas bisnisnya, atau harus dapat menentukan visi dan misi bisnis sendiri.

  1. Pengambil risiko

Wirausaha tidak boleh takut menghadapi atau memikul risiko, namun tidak sebagai pengambil risiko yang rendah maupun yang tinggi. Jika memungkinkan sebaiknya memilih risiko menengah dan menghindari risiko yang tinggi karena prestasi yangntinggi hanya dimungkinkan bila mereka bersedia mengambil risiko untuk mencapai tujuannya.

  1. Pemecah masalah

Wirausaha harus pandai mengidentifikasi setiap masalah dan sekaligus dapat menyelesaikannya secara efisien dan efektif.

  1. Pencari status

Wirausaha lebih menyukai apabila bisnis yang dibangunnya dipuji dan berhasil.

  1. Memiliki tingkat cadangan energi yang tinggi

Wirausaha dituntut untuk sehat jasmani dan rohani serta dapat bekerja melebihi tuntutan jambkerja normal, atau dapat bekerja pada waktu yang cukup panjang. Hal ini diperlukan karena mereka harus mengelola waktu secara mandiri, yang pada tahap-tahap awal butuh waktu yang panjang.

  1. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi

Wirausaha harus memiliki rasa percaya diri dan yakin bahwa dirinya memiliki keterampilan, kemauan dan kemampuan sendiri, serta dapat mengatur hidupnya tanpa bergantung pihak lain.

  1. Menghindari ikatan emosi

Wirausaha harus dapat mengakibatkan berkembangnya hubungan yang buruk dengan mitra usaha, atau dengan kerabat dan sahabat, serta berusaha bahwa bekerja dalam waktu yang lama dengan siapa pun bukanlah beban.

  1. Memerlukan kepuasan pribadi

Wirausaha umumnya termotivasi oleh kebutuhan akan prestasi pribadi. Untuk itu mereka harus dapat mengatur usahanya secara fleksibel, tidak meniru struktur organisasi tradisional yang birokratis, namun dapat membentuk struktur sendiri sesuai kebutuhan sehingga merasa puas atas keberhasilannya.

Jika Anda ingin menjadi majikan bagi diri Anda sendiri dan mengerjakan usaha milik pribadi, milikilah kualifikasi yang tepat untuk menjadi wirausaha. Apakah Anda memiliki kepribadian yang mirip dengan wirausaha yang berhasil? Wirausaha adalah orang yang mampu mengorganisasikan dan mengarahkan usaha baru. Untuk itu, pada saat tertentu harus berani mengambil risiko terkait dengan proses pemulaian. Beberapa wirausaha terlahir dengan proses pemulaian. Beberapa wirausaha terlahir dengan membuka usaha kecil seperti warung kelontong ketika masih usia sekolah atau di bangku kuliah. Dari situ ia mengambil pelajaran hingga kemudian berkembang. Sejak dini ia telah mengasah kemampuan manajemen, mengelola waktu, dan juga melatih keuletannya. Anda dapat belajar dari wirausaha yang telah sukses atau mencontoh model keberhasilan yang mereka kerjakan sebelumnya.

Hal yang paling penting adalah keseimbangan antara jam kerja, rekreasi, dan istirahat. Hal itu harus diatur sendiri sedemikian rupa sesuai kekuatan dan kondisi fisik. Jangan hanya fokus pada kerja, tetapi kesehatan terabaikan. Bila demikian maka biaya pemeliharaan kesehatan mungkin akan justru lebih besar daripada manfaat yang didapatkan.

Semangat kewirausahaan yang perlu dimasyarakatkan dan dibudayakan oleh para pemimpin dan pengusaha antara lain:

  1. Kemauan kuat untuk berkarya (utamanya di bidang ekonomi) dengan semangat mandiri.
  2. Mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil risiko.
  3. Kreatif dan inovatif
  4. Tekun, teliti, dan produktif.
  5. Berkarya dengan semangat kebersamaan dan etika bisnis yang sehat.
  6. Kikih dalam mencari solusi investasi online jangka pendek yang merupakan cara cepat kaya raya menurut islam.

Mulailah belajar dari seseorang yang telah Anda kenal, seperti kawan, orangtua, handai taulan, atau yang lain.

Itulah kutipan agar Anda cepat kaya raya dan tentu membuat Anda puas terhadap usaha yang Anda rintis. Dan pastinya kesuksesan dan kekayaan yang Anda dapat secara cepat adalah hasil kerja keras dan totalitas Anda terhadap usaha Anda.

Comments are closed.

^